Suwito, S.Pd., M.Hum. yang panggilan akrabnya Pak Wito, atau siswa/i menyapanya Sir. Suwito ini, lahir di sebuah desa kecil, Nagori Rabuhit kec. Siantar ( sekarang Kec. Nagori Gunung Maligas) di Kabupaten Simalungun, Prop. Sumatera Utara, pada tanggal 29 September 1964, 57 tahun yang lalu. Orang tuanya berprofesi sebagai Petani dan memiliki keluarga besar (11 bersaudara). Ayahnda beliau (Ayahnda Satimin S) yang saat ini sudah berusia 88 tahun dan Alhamdulillah masih sehat tinggal bersama keluarga di Nagori Rabuhit sedangkan Ibundanya (Ibunda Rupi’ah) pada tahun 2006 yang lalu telah dipanggil Allah SWT (Semoga Allah SWT menempatkan Ibunda di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, Aamiin). Seluruh kakak dan adiknya Alhamdulillah sampai saat ini masih sehat wal-afiat besama keluarga besarnya masing-masing dan hanya kakak yang pertama telah dipanggil oleh Allah SWT pd tahun 1988 yang lalu. Mereka semua sampai saat ini bertempat tinggal di Nagori Rabuhit dan sekitarnya hanya Pak guru ini yang tinggalnya paling jauh dari keluarga besar orangtuanya.

Anak ke empat dari sebelas bersaudara ini mengecap pendidikan di SD Negeri No. 09269, Afd. XII Laras, tamat tahun 1977, SMP Aljamiyatul Washliyah di Serbelawan, kecamatan Dolok Batu Nanggar, kabupaten Simalungun, SUMUT, tamat 1981 dan SMA Aljamiyatul Washliyah Serbelawan, kecamatan Dolok Batu Nanggar, kabupaten Simalungun, SUMUT,  tamat 1984.

Sejak SMP beliau sangat menyukai pelajaran Bahasa Inggeris, walau pelajaran lainnya juga ia senangi terutama Matematika. Ketika SMA beliau aktif berkomunikasi dengan sahabat penanya via surat menyurat dari negara seberang diataranya, Belanda dan Amerika Serikat. Surat-suratnya sampai sekarang masih disimpan sebagai kenangan dan untuk memotivasi putra-putrinya. Berawal dari itu beliau memilih jurusan Bahasa Inggris Program D.3 di IKIP Medan lulus tahun 1987, walau hanya dibekali sebuah sepeda sport model sebagai transportnya untuk kuliah, namun beliau sangat bersyukur kepada Allh SWT karena memiliki orang tua yang sangat memperdulikan pendidikan anaknya, sehingga dapat menyelesaikan pendidikannya tepat waktu.

Setelah CPNS tahun 1988, baru melanjutkan pendidikannya di IKIP Neg. Medan Program S.1, Jurusan yang sama, dan lulus tahun 1996 kemudian memperoleh Beasiswa dari BAPPEDA Sumut untuk Program Pasca Sarjana Prodi LTBI di UNIMED tahun 2008 dan Wisuda pada Tahun 2011. Menurut pengakuannya bahwa menuntut ilmu itu penting dan tak mengenal usia walau harus mengurus keluarga, mengurus Sekolah, dan sibuk bermasyarakat. Bapak dari 2 orang putri dan 1 orang putra ini sudah memiliki 1 cucu laki-laki dan 1 cucu perempuan dari anak keduanya, serta 1 cucu permpuan dari anak pertamanya. Beliau memulai karirnya di SMA Negeri Parapat, Danau Toba pada tahun 1988, sebagai CPNS dengan gol II.C, dan sebelumnya pernah menjadi guru honor di SMP Dharma, Medan Johor, sejak 1986 ketika masih kuliah sd tahun 1988 (Tamat 1987).

Dan pada tahun 1991 beliau pindah ke Medan, tepatnya menjadi Guru Negri DPK pada SMA Dharma Wanita, sekarang SMA Dharma Pancasila Medan.

Pada Tahun 2003, tepatnya tanggal 31 Juni, beliau diberi amanah oleh Pengurus Yayasan Dharma Pancasila yang dipimpin oleh NY. T. Rizal Nurdin ( Istri Gubernur Prop. Sumatera Utara pada saat itu) untuk menjadi Kepala Sekolah SMP Swasta Dharma Pancasila Medan sampai dengan saat ini, dan baru tanggal 11 Oktober 2010 yang lalu beliau dilantik oleh Bapak Wakil Wali Kota Medan menjadi Kepala Sekolah Defenitif di Sekolah tersebut. Sir ini, panggilan akrabnya di Sekolah, selain di SMP Dharma G. Johor, pernah juga mengajar di berberapa sekolah Menengah dan Perguruan Tinggi, al. Mis. Muhajirin Sari Rejo, Medan Polonia; SMP Gajah Mada, Padang Bulan, Medan; SMP Al-Azhar, Gedung Johor, Medan; SMA Muhammadiyah 03 Tj. Sari, Medan; dan SMA Swasta Patisibo Parapat. Pernah menjadi Dosen Bahasa Inggris di FKIP Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan Tahun 2011 sd 2015. Dosen Bahasa Inggris di Poltekkes Kemenkes Medan Prodi Kebidanan D.3 dan D.4 Jl. Jamin Ginting, Lau Cih Medan Tahun 2013 sd 2019.

Pengalaman diklat yang diikuti sejak Tahun 1991 sd sekarang, diantaranya, Diklat SPKG Bahasa Inggeris SMA tahun 1992, Diklat SPKG Bahasa Indonesia SMA 1993, Diklat Guru Bahasa Inggris SMU 1999 dan 2003, Diklat Guru Bahasa Inggris SMP Swasta se Indonesia tahun 2001, 2002, dan 2003 di Serengseng Sawah, Lenteng Agung Jakarta Selatan. TOT calon Instruktur Nasional Bahasa Inggris SMP tahun 2004 di Jakarta, School Leadership TOT PMPTK/British Council Ka. SMP April, 2009 di Jakarta, School Leadership TOT PMPTK/British Council Ka.SMP Agustus, 2009 di Bogor, dan berbagai diklat Guru SMA dan SMP matupun Ka Sekolah di Medan. Terakhir Mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah tahun 2019 dan telah Lulus dengan predikat Memuaskan, maka beliau telah memiliki Nomor Regristasi Kepala Sekolah.

Beliau juga pernah menerima Penghargaan dari Gubsu, sebagai Pelatih SKJ Massal pada Upacara Pembukaan POPDA-SU Thn 1994 di Lapangan Bola USU, Pelopor Pengembangan Kemajuan IPTEK Jakarta Thn 2003, Penyuluhan dan Kampanye Ling. Hidup Thn 1994 di Medan serta Penyuluhan Penyalahgunaan Narkoba dan Penanggulangan HIV/AIDS Thn 2003 di Medan. Pak Kepsek ini juga orangnya suka berorganisasi, menjadi Pimpinan Ranting Muhammadiyah Polonia selama 2 periode 1991 sd 2005, Ketua PJB Medan Polonia 2004 sd 2009, Sekretaris PJB Wilayah Sumut 2010 sd 2014, Sekretaris Devisi Pendidikan Pengurus Besar Satgas Joko Tingkir SUMUT 2009 sd 2013. Sekertaris Jenderal Paguyuban Campursari Multi Etnis Bersatu Sumatera Utara sejak tahun 2015 sd saat ini tahun 2021. Beliau juga aktif dalam kegiatan masyarakat dan Keagamaan yang ada di daerah tempat tinggalnya sampai dengan saat ini 2021, al. Menjadi Wakil Sekretaris Pembangunan Masjid Umar Bin Khattab  Sunggal Kanan, Sunggal. Menjadi Penasehat BKM Masjid Umar Bin Khattab, menjadi Penasehat STM Desa, desa Sunggal Kanan, menjadi Sekretaris Pembangunan Musholla Al-Ikhlas, kelurahan Sunggal Medan, menjadi Wakil Sekretaris BKM Musholla Al-Ikhlas kelurahan Sunggal, Medan.

Walaupun Sibuk, Pak Guru ini atau juga dipanggil Pak Sekjen, panggilan akrabnya di Lingkungan tempat tinggalnya sekarang di Jl. Setia Kawan no.30 Sunggal Kanan Sunggal, Deli Serdang, sejak tahun 2006, yang sebelumnya tinggal di Jl. Cinta Karya no.103 Sari Rejo Medan Polonia sejak th. 1991 sd 2006. beliau masih berusaha menyempatkan waktunya untuk keluarganya. Istrinya Dra. Susilawati, yang juga seorang Pendidik (guru tetap yayasan) sbg Guru BK di SMA Dharma Pancasila Medan, yang juga sibuk mengurus keluarga dan aktif juga dalam kegiatan kemasyarakatan.  Putri pertamanya, Drg. Ika Ramadhani Syafitri alumni FKG USU Medan, saat ini bertempat tinggal di Lombok, NTB bersama suaminya Dr. Mhd. Fredi Candra Sitepu, SP.OG. dan telah memiliki seorang putri yang bernama Raysha Barra Candra br Sitepu (1,8 Thn). Putri keduanya, Nova Dwiana Syafitri, S.Kep. Ners alumni Prog Studi Ilmu Keperawatan Unsyiah, Banda Aceh, saat ini berdomisili di Medan Johor bersama suaminya, Dedi Heriawan, ST. beserta 2 orang putra dan putri kesayanyannya ( Rayyan Rafisqy Heriawan (3.4) dan Rayhana Zarina Heriawan (0.8)). Putra ketiga/ Putra bungsunya Tri Nugraha Putra, A.Md.  saat ini masih menyelesaikan Sekripsinya di Program Studi (S.1) Jurusan Akuntansi UMA Medan dan tinggal bersama mereka. Beliau selalu berpesan pada anaknya bahwa bila bebuat sesuatu jangan memikirkan coin-nya tetapi carilah poin, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan itu dengan ikhlas karena jika kita selalu berorientasi pada coin maka kita akan melakukannya tdk ikhlas dan mendapatkan kekecewaan. Hal ini sesuai dengan Motto hidupnya yaitu : “Hidup harus bermanfaat bagi orang lain. Jangan pernah mengharapkan balasan dari orang yang kita bantu namun hanya mengharap Ridho Allah SWT”. “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini” Inilah profil Pak Kasek ini. Beliau ingin mewujudkan Visi Sekolah ini bersama dengan Pengurus Yayasan, guru-guru dan pegawai serta seluruh warga Sekolah termasuk didalamnya seluruh siswa dan siswi SMP Dharma Pancasila Medan. Mudah2an apa yang menjadi niat Sir Suwito ini diridhoi oleh Allah SWT. Amien